cerita (guru) hari ini

Senin, 19 Maret 2012

Guru?

bicara tentang jadi guru. sebelumnya gue mau cerita hari senin ini. hari ini bener-bener pengorbanan KSR di pertanyakan eeaa.
Gue yang hari ini standby dikampus jam 12 siang, harus siap-siap latihan sama 'Genk gila' di monas. latihan yang dilatih sama abang tercinta kita eeaaa, kini bener-bener diuji. Setelah mendaki gunung lewatin lembah, pergilah genk pertama yang akan ke monas duluan. Genk pertama yang berisi 8 orang anak 4l4y, berupa orang-orang yang cukup pamor, pamor di sejagad pangkalan ayam deket kampus, ada yang mukanya biru-biru, ada yang matanya deket mulut, dan ada yang mulutnya deket telinga. Semua serba aneh? adanya serba lima ribu ! untungnya genk pertama itu bukan termaksud gue, gue masih berada disekret kampus dengan 5 cewe imut tapi gue bohong :D. dan berangkatlah genk pertama dengan para elangnya melawan panas terik yang menggerogoti kulit.

Sejam kemudian, akhirnya setelah gue dan komandan bersemedi disekret, berangkatlah kita naik naga, sambil narik-narik 4 orang buas *eh. bermodalkan tulang, akhirnya mereka mematuhi dua wanita ini *tampangmalaikat*. suasana di atas awan terasa teduh, damai dan indah. awalnya gue fikir semesta baik banget, ngasih situasi gue jalan ke monas dipayungin para malaikat. tapi ternyata..... setelah gue sampai di monas, dari kejauhan gue ngeliat genk pertama udah dibacok, di sayat-sayat sampe minta nambah. Dengan tampang tak bersalah 6 wanita dengan tampang malaikat melambaikan tangan ke para orang yang udah dianiaya. dan dengan tampang gak bersalah juga, genk kedua hanya bisa ngeliatin bekas sayatan mereka. lalu cuma bisa bilang "wow" , dan pada akhirnya gue dan mereka mencoba disayat pake bambu juga. lalu.... hujan turun tanpa ampun, tanpa izin ! layaknya cacing yang kepanasan. Bubarlah gue dan Genk menuju lobang semut. tapi karena lobang semut udah penuh, akhirnya kita berhamburan kesana-kemari, ke atas kebawah, kedepan, kebelakang. sampe tabrak-tabrakan. dan sampailah kita disebuah gubuk, yang udah reot lalu berteduhlah kita. dengan ngos-ngosan, tanpa sadar gue dan genk basah kuyup. satu yang ada difikiran gue pada saat itu "gue mau pulang !" rasanya gak enak banget man! basah kuyup, ngos-ngosan lari, kebasahan dan berada disuatu daerah yang asing! rasanya gue pengen ngambang di laut. dan cuma hitungan lima menit, hujanpun berenti. gerakan yang cepat! dan rasanya nyesek, sama seperti cinta yang diberi Harapan Palsu eeaaaa. dan disini gue bisa ngambil positifnya, bahwa sesuatu yang udah diniatin jangan dirubah lagi. Sesuatu yang di niatin itu harus dijalanin, menurut gue sama seperti 'hutang' pada SANG (*). niat hampir sama dengan komitmen! dan timbulnya begini nih. belum apa-apa gue gak bisa ngerasain latihan yang ilmunya sangat langka.

dan akhirnya gue basah kuyup, balik lagi kekampus dengan urakan, gak berbentuk dan ancur *eh. Gue mengalami kedinginan yang sangat luar biasa, gue yang gak biasa make baju basah lama-lama sampai pada akhirnya Tuhan nyuruh gue ngerasain rasanya seperti ini, yang biasanya gue cuma ngeliat anak-anak jalanan kehujanan dan melipat kedua tangannya. akhirnya gue mengalami seperti mereka, pengorbanan mereka. ah, guepun gak mampu terlalu jauh ngebayangin sejarah anak jalanan. Terima Kasih Tuhan, rasanya sungguh sesuatu.
Sekarang, gue berada di sekret ngeringkuk nahan kedinginan sampai kuliah selesai nanti, menahan rasa dingin buat nulis note ini sambil nunggu baju, cardigan, celana lagging kering. Dan gue mau bercerita lagi tentang pengalaman jadi guru, guru TK! sebuah kata yang sering dilontarkan oleh guru yang ngaku bajakan itupun, akhirnya gue bisa ngerasain juga walaupun gak seperti dia yang jadi bajakan hampir 5 tahun. 

Awal Februari, gue yang lagi ngejaga toko gue, dengan santai sang empu guru TK menghampiri gue, dia ngeliat gue dengan tampang seriusnya. dan mendekatlah dia, gue siap-siap mau mentung. Tapi niat itu gue urungkan karena dia udah teriak duluan minta gue jadi guru TK. yeah, jadi guru TK yang dari dulu gue idam-idamkan. tanpa basa-basi gue langsung jawab iya dan besoknya gue jadi guru. simple! tapi ternyata perjalanan jadi guru itu enggak sesimple yang gue fikirin. Nyokap yang dari dulu emang gak suka gue jadi guru, akhirnya gue sembunyi-sembunyi. pergi ke TK KARTINI dan bertemu anak murid yang masih unyu-unyu. Suasana pertama yang gue dapet, anak murid pada ngeliatin tampang gue, tampang malaikat gue. Mereka bisik-bisik, kelas yang sangat-sangat rame kedengaran dari lantai bawah, seketika sunyi. dan guepun grogi. Grogi karena gue mau jadi anak CAMEN (Cacat Mental) kayak gimana ? anak tangga yang gue naikin seiring dengan kegalauan guepun ngecengin gue eeaaa. Dengan sisa tampang gue yang sok jadi guru, akhirnya gue menghembuskan nafas dan mati, enggak deng. akhirnya gue duduk di bangku guru, meletakkan tas aneh di atas meja guru.

Kesan pertama begitu menggoda, akhirnya dengan kesabaran gue, anak murid gue semakin menikmati kecamenan gue yang lagi ngajar. kecamenan gue yang lagi marah-marah ke mereka gak jelas, kecamenan gue yang nasehatin mereka ketika mereka berantem, nangis, berebutan, dan juga kecamenan gue ketika mereka nanya artis korea yang lagi terkenal. Semua gue lewatin sebagai guru kebetulan. Dan akhirnya ending Februari seperti Ending dari semuanya, nyokap gue tau dan menjadi hal yang dibesar-besarin. yeah, gue disuruh resign dan membuka bisnis baru, bisnis yang baru gue buka bulan ini. Bisnis yang memaksakan gue buat jadi tua eeaaa. 

Orangtua emanglah segalanya, gue beraniin diri buat resign dan ternyata disambut sedih, apalagi anak murid gue, sampe ada yang nangis kejer  :D itu buat gue nyesek. Guepun sebagai guru kebetulan harus nahan nangis didepan anak murid gue. pengalaman dari mereka, walau anak-anak kecil seperti itupun udah terlalu banyak ngasih pelajaran ke gue. Gue diajarkan mereka untuk gak berlama-lama ngeluh, nangis, benci sama orang. Gue diajarkan mereka untuk cepat mengerti lalu mengaplikasikan, bukan hanya mengangguk tapi mengabaikan! yeaaah,, dan akhirnya sampai sekarang gue masih dianggap jadi guru, walau jadi guru gak jelas, suka-suka gue dateng. Tapi seenggaknya gue seneng, bisa memberikan ilmu yang bermanfaat ke mereka, dan guepun juga dapet pengalaman yang menarik dari mereka.

dan sekarang gue masih di sekret nunggu kuliah plus nunggu baju kering yang ternyata gak kering-kering.

risty putri indriani


0 komentar:

battlepujangga

Cute Running Puppy
RISTY PUTRI INDRIANI

Category list

Ads

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogger news

Clapping Hands

Twitter

Blogger templates

Clapping Hands
Clapping Hands